• Home
  • Education
  • PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB ONLINE) TAHUN AJARAN 2019-2020

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB ONLINE) TAHUN AJARAN 2019-2020

Halo sahabat SIEDU, tahun ajaran baru udah mau dimulai nih. Eh, tau gak kalau ada sistem baru untuk PPDB Online  (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk tahun ajaran 2019-2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2019/2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa PPDB tahun 2019 merupakan bentuk peneguhan dan penyempurnaan dari sistem zonasi yang sudah dikembangkan.

“Sistem zonasi ini akan menjadi cetak biru yang digunakan oleh Kemendikbud dalam upaya untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di pendidikan, khususnya di sektor pendidikan formal dan nonformal. Kemudian juga untuk mencari formula penyelesaiannya. Sekaligus juga mencari jalan penyelesaian masalah-masalah itu secara terintegrasi, secara menyeluruh,” disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy dalam taklimat media, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (15/1/19)

Begitulah penjelasan dari Mendikbud Bpk Muhadjir Effendy. Tapi secara keseluruhan perubahan nya tidak terlalu signifikan, tapi yang pasti untuk tahun ajaran baru peserta didik yang mendaftar tidak bisa memilih sekolah unggulan di luar domisili tempat tinggal nya . Jadi dengan sistem zonasi ini tidak ada lagi diskriminasi di lingkup sekolah, jadi lebih transparan, data lebih update dan akurat, lebih akuntable, dan lebih adil kan sahabat Si Edu.

Jadi dalam Permendikbud Nomor 51 tahun 2019 ini PPDB dilaksanakan melalui 3 jalur, yaitu Zonasi (Kuota minimal 90 persen), prestasi (kuota minimal 5 persen), dan perpindahan orang tua peserta didik (kuota 5 persen). Jadi gak ada istilah lagi bisa beli kursi, atau daftar sekolah unggulan yang lokasi nya jauh dari domisili tempat tinggal kamu sahabat SIEDU.

Jadi gimana sahabat SIEDU? Dengan sistem zonasi ini jadi gak ada lagi ada istilah sekolah unggulan atau sekolah terbelakang. Jadi kualitas sekolah akan dilihat dari reputasi sekolah, kualitas hasil lulusannya, dan tentunya dari prestasi sekolah tersebut. Dengan begitu, instansi pendidikan akan lebih fokus memberikan bimbingan pembelajaran semaksimal mungkin agar anak-anak didik bisa berprestasi, berkreativitas, dan juga mandiri tentunya. Jadi udah siap kan buat mengikuti proses PPDB Online yang akan rilis dalam waktu dekat ini? SIEDU akan membagikan informasi tahapan-tahapan proses pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020.

Informasi ini berlaku untuk pendaftaran wilayah DKI Jakarta maupun wilayah lain sahabat SIEDU. Karena Permendikbud No 51 Tahun 2019 itu berlaku skala nasional. Selain itu, ada beberapa hal tentang dasar atau aturan yang perlu sahabat SIEDU ketahui untuk setiap jenjang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020. Misalnya seperti umur peserta didik, urutan perndaftaran sekolah, nilai rata-rata hasil UN.

Selain itu sahabat SIEDU juga harus cermat melihat statistik data sekolah tujuan pendaftaran yah, seperti daya tampung, nilai rata-rata UN di pendaftaran tahun sebelumnya, sampai jadwal ppdb bisa di akses di website resmi PPDB Online : www.siap-ppdb.com Jangan lupa untuk pantau terus hasil seleksi teman-teman setelah proses pendaftaran yah.

Sekarang udah siap kan buat pendaftaran di jenjang sekolah yang baru? Semoga dengan adanya sistem baru ini dan sekolah yang baru, bisa membuat sahabat SIEDU rajin belajar dan bisa berkreasi yah. Ingat sekolah bukan hanya semata-mata untuk belajar demi menempuh ujian akhir loh. Sekolah adalah tempat kita untuk mengasah keterampilan dan kreativitas juga. Semangat yah!

Sumber : www.kemendikbud.go.id ; www.siap-ppdb.com ;

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hallo..
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by