• Home
  • Education
  • INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN UNTUK PARA PENDIDIK MASA KINI

INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN UNTUK PARA PENDIDIK MASA KINI

Hai Sahabat SIEDU, udah tau belum tentang Revolusi Industri 4.0? Setelah dulu ada revolusi industi ke1 ke2 dan ke3. Dari perubahan industri yang menggunakan tenaga uap menjadi tenaga listrik.

Nah saat ini kita akan bahas bersama tentang apa sih revolusi industri 4.0 dan apa sih dampaknya bagi dunia pendidikan?

Kita bahas dulu yah tentang revolusi industry 4.0 itu apa sih sebenarnya? Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisikinternet untuk segalakomputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

Hebat yah sahabat SIEDU, jadi kalau dari pembahasan diatas. Dengan adanya revolusi industry 4.0 ini, otomatisasi dan pertukaran data melalui cloud computing. Dan pengembangan AI (Artificial Intelegence) yang mencakup Internet Of Things (IOT), Unmanned Vehicles (UAV), Mobile Technology (5G), Shared Platform,  Block Chain, Robotics and Bio Technology. Simplenya kalau dilihat dari kondisi saat ini, kita bisa pesan makan lewat jasa layanan ojek online, kita bisa belanja lewat situs e commerce, kita bisa beli pulsa lewat smartphone, bahkan bisa transaksi perbankan melalui smartphone juga tanpa harus datang ke bank nya langsung.

Lalu bagaimana dampaknya untk dunia pendidikan? Untuk saat ini penerapan industry 4.0 di Indonesia dalam roadmap yang di gagas oleh pemerintah ada lima sektor yang diutamakan yaitu makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, dan elektronik.

Bagaimana dengan dunia pendidikan. Dengan begitu mudahnya akses informasi lewat genggaman tangan. Tentunya sektor pendidikan menjadi salah satu sektor vital yang harus diperhatikan. Karena dengan begitu mudahnya peserta didik mendapatkan informasi tentang berbagai ilmu pengetahuan sampai dengan bimbingan belajar secara online justru menjadi tantangan untuk para pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

Untuk instansi pendidikan pun menjadi sebuah tantangan besar dalam pengelolaan database management atau sistem informasi. Dengan adanya industry 4.0 salah satunya dengan perkembangan cloud computing justru menjadi sebuah kesempatan besar bagi instansi pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dalam pengelolaan database sekolah atau sistem informasi sekolah dengan sistem cloud computing. Sehingga instansi pendidikan mampu mengimbangi perkembangan teknologi dan memberikan informasi yang lebih akurat dan tepat kepada orang tua siswa, juga mampu memberikan solusi penyampaian materi pendidikan dengan cepat ke tangan siswa dengan sistem e learning dan e library.

Nah sahabat SIEDU, tau gak salah satu dari solusi perkembangan teknologi yang kita jelaskan diatas ada dalam salah satu modul aplikasi SIEDU. Sehingga sekolah yang biasa saja bisa menjadi smartschool dengan menggunakan aplikasi SIEDU.

Karena hampir semua modul yang ada di aplikasi kita, kita kembangkan untuk kemudahan sekolah mengelola database dan juga membantu sekolah menganalisa  Internet Of Things (IoT) dari database yang ada.

r semua modul yang ada di aplikasi kita, kita kembangkan untuk kemudahan sekolah mengelola database dan juga membantu sekolah menganalisa  Internet Of Things (IoT) dari database yang ada.

Tentunya, tanpa harus mengeluarkan biaya pengadaan yang cukup besar. Karena SIEDU hadir untuk dunia pendidikan dengan prinsip simbiosis mutualisme. Dimana kerja sama antara kedua pihak, sama-sama saling memberikan keuntungan dan berbagi kemudahan untuk kemajuan dunia pendidikan. Sumber : www.wikipedia.id; www.tirto.id ; www.google.co.id

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hallo..
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by